8 SAYURAN HIJAU YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI TUBUH

Sayuran HijauBanyak orang yang mengonsumsi sayuran tanpa mengetahui kandungan nilai gizi dari sayuran tersebut. Terutama sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa sayuran hijau yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

1. Bayam

Sayuran yang satu ini memiliki serat yang tinggi, selain itu bayam juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk darah. Bayam juga mengandung lutein yang fungsinya untuk menjaga mata kita. Adapun kandungan vitamin dalam bayam bermacam-macam, ada vitamin A, C, K, dan folat.

2. Sawi

Dalam sawi, kandungan mineral dan vitaminnya sangatlah tinggi. Adapun vitamin C dan E, serta karoten dan glukosinolat dalam sawi berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Dalam sayuran ini juga terdapat kalsium, magnesium, dan asam folat yang sangat baik untuk tulang. Kandungannya pun sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan.

3. Kangkung

Dalam kandungan kangkung, terdapat vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Adapun vitamin B kompleks dapat meningkatkan hormon yang dapat menciptakan suasana nyaman, kemungkinan hal inilah yang bisa membuat kita menjadi ngantuk. Kangkung juga mengandung mineral, yang meliputi kalium, fosfor, dan kalsium. Selain itu, ternyata ekstrak dari sayuran hijau yang satu ini bisa membantu dalam menghambat penyerapan gula, sehingga cocok bagi penderita diabetes.

4. Timun

Timun sering kita gunakan untuk lalapan. Dalam timun mengandung vitamin C yang cukup banyak, folat yang berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi juga lumayan banyak. Selain itu ada juga mangan serat dan magnesium, klorofil dan lutein. Selain timun bisa menjaga kesehatan pencernaan, timun juga bisa menyegarkan tubuh kita karena kandungan airnya yang banyak.

5. Pare

Pare mengandung serat yang sangat tinggi, selain itu juga di dalamnya terdapat kalium kalsium, zat besi, vitamin C dan vitamin A. Manfaat pare ini sangatlah banyak, misalnya bisa menurunkan kadr gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. Komponen aktif dalam pare juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

6. Seledri

Seledri merupakan sumber mineral, yaitu kalsium, zat besi, dan kalium. Seledri juga mengandung vitamin A dan C. Komponen aktif bernama phtahunalides dalam seledri berguna untuk menurunkan tekanan darah. Seledri juga memiliki komponen aktif lain, yaitu coumarin dan acetynelics yang bisa mencegah perkembangan sel kanker.

7. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang berasal dari Italia. Adapun kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk tubuh kita. Tidak hanya kaya akan serat, vitamin, dan mineral saja, tetapi sayuran ini juga mengandung antioksidan, yaitu sulforaphane dan luteinĀ yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Brokoli juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

8. Daun Singkong

Kandungan protein dan zat besi pada daun singkong muda sangat tinggi. Selain itu, di dalamnya juga terdapat vitamin A dan C. Daun singkong jika dibandingkan dengan bayam, daun singkong memiliki kandungan zat besi yang setara. Kandungan protein daun singkong pun empat kali lipat dan vitamin A dua kali lipat dari bayam.

Referensi: Adhi, Anshor. 2016. Tetap Sehat dan Bugar di Usia 40 Tahun. Yogyakarta: Healthy.

 

Kunjungi juga:

12 KARAKTERISTIK TRANSAKSI SYARIAH YANG HARUS DIKETAHUI

5 WAYS TO MAINTAIN SKIN HEALTH FOR ALL AGES

Satu tanggapan untuk “8 SAYURAN HIJAU YANG SANGAT BERMANFAAT BAGI TUBUH

  • Januari 28, 2019 pada 03:39
    Permalink

    Saya paling suka pare. Walau pahit tetep enaaaaaaakk…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!