4 KARAKTERISTIK ORANG YANG BERPRESTASI

Ada beberapa karakteristik dari orang-orang yang berprestasi tinggi, berikut ini adalah karakteristiknya.

1. Suka Mengambil Risiko Moderat

Pada umumnya nampak pada permukaan usaha, bahwa orang yang berprestasi tinggi risikonya juga lebih besar, tetapi penemuan McClelland menunjukkan lain. Sebagai ilustrasi McClelland melakukan percobaan labolatorium. Dengan menggunakan beberapa partisipan yang diminta olehnya untuk melempar lingkaran-lingkaran kawat pada pasak-pasak yang telah dipasang. Pada umumnya orang tersebut melempar secara acak, kadang-kadang lebih dekat dengan pasak, dan kadang-kadang agak jauh.

Orang-orang yang mempunyai kebutuhan untuk berprestasi lebih tinggi cara melemparnya akan jauh berbeda dengan kebanyakan orang tersebut. Orang ini akan berhati-hati mengukur jarak. Dia tidak akan terlalu dekat supaya semua kawat bisa masuk pasak dengan mudah, dan juga tidak terlalu jauh, sehingga kemungkinan meleset itu besar sekali. Dia ukur jarak sedemikian rupa, sehingga masuknya kawat lebih banyak daripada melesetnya. Orang semacam ini ingin berprestasi dengan suatu risiko yang moderat, tidak terlalu besar risikonya dan juga tidak terlalu rendah.

2. Memerlukan Umpan Balik yang Segera

Ciri ini sangat dekat dengan karakteristik di atas. Seseorang yang mempunyai kebutuhan prestasi tinggi, pada umumnya lebih menyenangi akan semua informasi mengenai hasil-hasil yang dikerjakannya. Informasi yang merupakan umpan balik yang bisa memperbaiki prestasinya dikemudian hari sangat dibutuhkan oleh orang tersebut. Informasi itu akan memberikan kepadanya ia berusaha mencapai hasil. Sehingga ia tahu kekurangannya yang nantinya bisa diperbaiki untuk peningkatan prestasi berikutnya.

Kunjungi juga: JENIS-JENIS ALUR DALAM CERITA DAN DRAMA

3. Memperhitungkan Keberhasilan

Seorang yang berprestasi tinggi umumnya memperhitungkan prestasinya saja, tidak memperdulikan penghargaan-penghargaan materi. Ia lebih puas nilai instrinsik pada tugas yang dibebankan padanya, sehingga menimbulkan prestasi dan sama sekali tidak mengharapkan hadiah-hadiah lainnya atau penghargaan lainnya atas prestasi tersebut. Kalau dalam berprestasi mendapatkan pujian, penghargaan, atau hadiah-hadiah yang melimpah, hal tersebut bukanlah karena ia mengharapkannya, tapi karena orang lain atau lingkungannya yang menghargainya.

4. Menyatu dengan Tugas

Sekali orang yang berprestasi tinggi memilih suatu tujuan untuk dicapai. Maka ia cenderung untuk menyatu dengan pekerjaannya, sampai ia benar-benar berhasil secara gemilang. Hal ini berarti bahwa ia bertekad akan nencapai tujuan dengan ketekatan hati yang bulat dan tidak setengah-setengah.

Kunjungi juga: MENGETAHUI RISIKO LIKUIDITAS DALAM ILMU EKONOMI

Tipe komitmen pada dedikasinya ini memancar dari kepribadiaannya yang teguh. Kadangkala mempunyai pengaruh kurang baik terhadap orang yang berhubungan dengannya. Orang lain merasakan bahwa orang yang berprestasi tinggi ini tidak bersahabat. Dia lebih condong berpikir realistik dari kemampuannya dan tidak menyenangi orang lain bersama-sama dalam satu jalan untuk mencapai suatu tujuan. Dengan demikian, jelaslah bahwa tipe orang yang berprestasi tinggi ini tidak selalu ramah dengan orang lain.

Referensi: Thoha, Miftah. 2016. Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Satu tanggapan untuk “4 KARAKTERISTIK ORANG YANG BERPRESTASI

  • Januari 28, 2019 pada 03:42
    Permalink

    insyaAllah no 1 saya sering melakukan…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!